IMG-LOGO
DPMTSP

DINAS PENANAMAN MODAL & PTSP

KABUPATEN GRESIK


BERITA


Inovasi DPMPTSP Kab Gresik untuk mendongkrak jumnlah Pendapatan Asli Daerah (PAD)



58e0179b90870732b5dcb3f6a8eb5cb471.jpg




Gresik- Pemerintah Kabupaten Gresik melakukan berbagai inovasi untuk mendongkrak jumlah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pelayanan perizinan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gresik,Mulyanto mengungakapkan sejak bulan desember 2017 Inovasi yang dilakukan diantaranya integrasi pelayanan perizinan Pemkab Gresik dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pemohon yang mengajukan dapat diproses sesuai nomor urut antrian yang kami input dan ini dimonitor oleh KPK " langkah ini kami lakukan karena kami ingin memperbaiki kualitas pelayanan."Ujar Mulyanto.

Tujuan dari program ini untuk menyelesaikan tumpukan berkas pemohon izin yang tidak dapat diproses oleh DPMPTSP. Padahal pemohon mereka sudah membayar retribusi sedikitnya ada 560 berkas permohonan izin yang sempat mengendon di DPMPTSP.

Pengamat ekonomi universitas Muhammadiyah gresik, aris kurniawan menilai dibandingkan 2 tahun lalu pelayanan perizinan di Gresik sudah semakin baik. hal ini terlihat dari jumlah antrian pemohon izin yang datang ke kantor DPMPTSP.ini menjadi salah satu indikator baiknya pelayanan perizinan." Saya sangat mengapresiasi dengan mensisoalisasikan perizinan lewat online.Ini merupakan bentuk Transparansi Pemkab kepada masyarakat atau pemohon izin, " kata Aris.

Dosen Fakultas Ekonomi UMG itu menjelaskan dari sisi pertumbuhan ekonomi, Gresik masih salah satu yang terbaik.berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016,pertumbuhan ekonomi di kabupaten gresik mencapai langkah 6.58% atau diatas rata-rata nasional maupun propinsi. Dari sektor pendapatan domestik regional bruto (PDRB), sampai saat ini angkanya sudah mencapai RP.83 Triliun pertahun. Tingginya angka PDRB tak lepas dari geliat sektor industri dan jasa yang begitu pesat." belum lagi sektor-sektor lainya juga terus tumbuh"Paparnya.

 

Sumber : Radar Gresik



Tanggal Post : 2021-04-04 21:27:35