IMG-LOGO
DPMTSP

DINAS PENANAMAN MODAL & PTSP

KABUPATEN GRESIK


BERITA


Potensi Sektor Jasa Transportasi Laut



10GRESIK.jpg




GRESIK – Arus investasi ke Kota Pudak terus mengalir. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Gresik menyebut sektor jasa yang paling potensial. ” Jumlah usaha jasa akan bertambah. Terutama jasa transportasi,” kata Ketua Kadin Gresik Lailatul Qodri kemarin.

Merujuk data Dinas Penanaman Modal dan PTSP Gresik, ada 29 izin baru di bidang jasa yang masuk sepanjang Januari–September 2017. Nilai investasinya mencapai Rp 228,2 miliar dan memerlukan 505 pekerja.

Menurut dia, jasa transportasi laut banyak diminati investor. Layanan baru di pelabuhan mendorong pengusaha untuk berekspansi. Selain itu, Kota Giri memiliki banyak terminal laut khusus yang mendukung dua pelabuhan umum. ”Saat ini Gresik kuat untuk jalur perda- gangan antarpulau,” tuturnya. PT Pelindo III (Persero) Cabang Gresik mendata, perusahaan pengguna jasa tumbuh 25 persen jika dibandingkan dengan 2016. Kini perusahaan jasa di Pelabuhan Gresik mencapai 120 usaha.

Kabid Pelayanan Perizinan Usaha, Perizinan Tertentu, dan Non Perizinan Dinas Penanaman Modal dan PTSP ( DPMP) Gresik Bambang Irianto menambahkan, Kota Giri siap menyambut para investor baru. ” Masih banyak lahan yang diperuntukkan industri,” tambahnya.

Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Gresik awal 2017 memaparkan, ada 12.112,29 hektare lahan yang disiapkan untuk kebutuhan industri. Saat ini tersisa 2.847 hektare.

 

Sumber : https://www.pressreader.com



Tanggal Post : 2021-04-04 21:26:01