IMG-LOGO
DPMTSP

DINAS PENANAMAN MODAL & PTSP

KABUPATEN GRESIK


BERITA


PT. CARGIL SEGERA BEROPERASI DI GRESIK



20cargill.jpg




Gresik - Cargill Cocoa mengumumkan akan memulai uji pemrosesan kakao di pabrik mereka di Gresik, akhir bulan Mei.

Pengumuman ini disampaikan dalam acara Indonesia International Cocoa Conference, di Nusa Dua - Bali, Jumat (16/5/2014).

Pabrik itu direncanakan bisa memproses sekitar 70.000 metrik ton biji kakao menjadi kakao bubuk, kakao butter dan kakao cair. Hasil produksinya untuk memenuhi pasar Indonesia dan Asia.

Biji kakao yang akan diproses di pabrik tersebut, sebagian besar akan dipasok dari Sulawesi karena merupakan penghasil kakao terbesar di Indonesia. Cargill mendapat pasokan kakao dari pulau tersebut sejak 1995.

Jos de Loor, President Cargill Cocoa & Chocolate mengatakan dibukanya pabrik tersebut akan menciptakan sekitar 200 lapangan pekerjaan baru.

”Melalui pabrik ini, kami akan segera dapat memenuhi permintaan dan kebutuhan pelanggan kami di  Indonesia. Sebagai perusahaan pemroses kakao terkemuka di dunia, Cargill berkomitmen untuk menyediakan produk-produk yang dibuat dari kakao berkualitas tinggi, yang ditanam secara berkelanjutan," ujar Jos de Loor.

Cargill menggelontorkan investasi sebesar 100 juta dolar AS untuk pabrik yang mulai dibangun tahun 2013 itu.

Cargill merupakan perusahaan yang menyediakan produk pangan, pakan ternak, pertanian dan keuangan. Produk pangan yang diproduksi antara lain gula dan kakao bubuk.