IMG-LOGO
DPMTSP

DINAS PENANAMAN MODAL & PTSP

KABUPATEN GRESIK


BERITA


Jatim Buka Peluang Investasi Produk Pendamping Kakao



49kakao_07052013164544.jpg




Pemerintah Provinsi Jawa Timur membuka peluang investasi produk pendukung kakao di wilayah setempat, karena kini telah berdiri pabrik pengolahan kakao PT Carrgill di wilayah Gresik.

"Adanya pabrik pengolahan kakao di Gresik membuka peluang investasi produk pendampingnya. Oleh karena itu diharapkan investor lokal maupun nasional mampu menangkap peluang itu, dan menyerap produk-produk PT Cargill," kata Kepala Badan Penanaman Modal (BPM) Jatim, Warno Hari Sasono di Gresik saat peletakan batu pertama pendirian pabrik pengolahan kakao, Selasa.

Menurut Warno, masuknya PT Cargill dengan mendirikan pabrik pengolahaan kakao di Gresik membuktikan investasi di Jawa Timur mengalami pertumbuhan yang sangat bagus, dan perlahan-lahan menyamai investasi di daerah Jawa Barat dan DKI Jakarta.

"Kalau kita melihat investasi di Jawa Barat dan DKI Jakarta memang sangat bagus, sebab mereka tidak perlu melakukan promosi susah-susah, dan sudah banyak investor yang berdatangan, namun untuk Jawa Timur kita harus mengenalkan," ucapnya.

Presiden PT Cargill, Jos De Loor mengatakan, dipilihnya Kabupaten Gresik sebagai tempat berinvestasi pendirian pabrik pengolahaan kako, karena wilayah itu dinilai sangat strategis, sebab sangat bagus untuk pergudangan dan memiliki sumber daya manusia (SDM) yang bagus.

"Pabrik pengolahan kakao di Gresik ini merupakan yang pertama di wilayah Asia, dan didirikan untuk melengkapi jaringan global pengolahan kakao yang telah ada di Eropa Barat, Kamerun, Brazil dan Amerika Serikat," paparnya.

Ia mengatakan, dengan adanya pendirian pabrik kakao di wilayah Gresik akan menyerap sebanyak 200 tenaga kerja baru.

Selain itu, juga akan menyerap sebanyak 70 ribu ton biji kakao secara nasional untuk produksi, dengan hasil produksi seperti kakao bubuk, cairan, lemak kakao dan bubuk premium kakao.

"Pembangunan pabrik ditargetkan selesai pada pertengahan 2014, dan rencananya PT Cargill akan melipatgandakan pembelian biji kakao dari sejumlah wilayah di Indonesia, sehingga memberikan kesempatan lebih besar bagi petani untuk memasarkan hasil panen mereka," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Gresik Muhammad Qosim sangat mengapresiasi pendirian pabrik pengolahaan kakao di wilayahnya, sebab akan menyerap tenaga kerja di wilayah Gresik dan menambah pemasukan daerah.

"Para investor sangat tepat bila memilih Kabupaten Gresik sebagai tempat investasinya, sebab Gresik sangat aman buat investasi, dan memiliki kualitas SDM yang bagus pula," tuturnya.(*)

sumber :Antara News Jatim



Tanggal Post : 2021-04-04 21:05:23