IMG-LOGO
DPMTSP

DINAS PENANAMAN MODAL & PTSP

KABUPATEN GRESIK


BERITA


Amerika Tertarik Tanam Investasi di Gresik dan Lamongan



73ovNV8iIIx.jpg




Amerika Serikat tertarik berinvestasi di Kabupaten Gresik dan Lamongan, Jawa Timur. Kepala Bidang Ekonomi dan Politik pada Konsulat Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Michelle J Morales didampingi Asisten Bidang Politik, Akhyari Hananto Rabu (21/12/2011) berkunjung ke Gresik dan Lamongan.

Michelle J Morales menyatakan pihaknya ingin mencari informasi dan mengetahui iklim investasi di Gresik dan Lamongan. Gresik sebagai daerah yang direkomendasikan untuk investasi dan Lamongan yang terbuka untuk investasi khususnya dalam memberikan pelayanan perizinan menjadi incaran. Dua daerah itu sama-sama meraih Invesment Award 2011 dari Provinsi Jawa Timur.

Michelle menuturkan beberapa investor Amerika ingin berinvestasi di Indonesia tetapi mereka sangat minim informasi. Konsulat Jenderal Amerika di Surabaya ke Gresik dan Lamongan unt uk mengetahui gambaran potensi untuk investasi di dua wilayah bertetangga itu.

Pertengahan Januari 2012 mend atang ada delapan investor Amerika ke Indonesia. Mereka akan ke Jawa Timur untuk bertemu dengan pejabat kabupaten/k ota yang memiliki potensi dan menarik untuk investasi termasuk Gresik dan Lamongan.

Gresik sebagai daerah industri dinilai menarik untuk investasi, dan potensi wisata alam di Bawean dinilai menarik untuk dikunjungi. Lamongan dinilai sudah terbuka, transparan, strategis, dan mempunyai daya saing untuk investasi.

"Pelayanan perizinan Lamongan sudah menerapkan pola satu atap yang memberikan pelayanan investasi secara mudah, tepat dan cepat. Berbagai informasi yang kami dapat cukup berguna untuk disampaikan kepada investor," papar Michelle.

Wakil Bupati Gresik, Mohammad Qosim menuturkan Gresik sangat bagus untuk investasi . Kawasan industri di Gresik tersebar di Kecamatan Kebomas, Manyar, Gresik untuk wilayah perkotaan serta di Kecamatan Driyorejo, Wringinanom, dan Menganti untuk wilayah selatan. Saat ini di Gresik ada 716 industri skala menengah dan besar.

"Perkembangan investasi di Gresik didukung ada delapan pelabuhan termasuk pelabuhan khusus. Kawasan Gresik selatan disiapkan untuk pemukiman dengan lahan seluas 10.000 hektar, sedangkan di Gresik utara dijadikan kawasan minapolitan," papar Qosim.

Kawasan Pulau Bawean diproyeksikan untuk pulau wisata dengan potensi alamnya yang indah . Saat pembangunan lapangan terbang di Bawean juga dalam proses sebagai upaya mendorong pariwisata sekaligus mengatasi problem transportasi lalut yang selama ini terkendala cuaca buruk .

Terpisah, Bupati Lamongan, Fadeli menjelaskan wilayah Lamongan aman dan kondusif untuk investasi, investor akan nyaman . Selain itu sektor kemaritiman dan agro industri masih menjadi potensi unggulan dan masih menciptakan banyak peluang.

Tanggal Post : 2021-04-04 21:02:54