Pelaku UMKM di Gresik Bisa Urus Izin Usaha Melalui Gawai


TIMESINDONESIA, GRESIK – Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM di Gresik, Jawa Timur dimanjakan dengan proses perijinan modern yang bisa memangkas waktu. Kali ini, pelaku UMKM bisa mengurus izin usaha melalui gawai.

Salah satu pelaku UMKM, Maskur Ali mengungkapkan betapa mudahnya mendaftar perizinan dengan metode Online Single Submision (OSS). Hanya bermodalkan gawai berupa laptop atau handphone, dengan hitungan menit maka seluruh perizinan sudah selesai.

“Gak nyangka begitu mudah, masuk ke laman OSS kemudian mengisi data yang sudah tersedia di sana. Saya dulu menganggap surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) adalah hal yang mustahil, dan saya menganggap surat itu hanya miliki pengusaha besar saja," katanya, Kamis (30/1/2020).

Dari perizinan yang dilakukan, kini Maskur yang menggeluti usaha telur asin sudah mempunyai Nomer Induk Berusaha (NIB) serta surat pernyataan kesanggupan pengelolaan lingkungan dan penataan lingkungan (SPPL).

Dia juga menyatakan bahwa saat ini dia lebih percaya diri untuk pengembangan usaha telor asin yang lebih besar dengan mencari modal usaha.

"Jadi lebih percaya diri untuk pengembangan usaha, ini karena perizinan yang praktis, dan tidak ribet perizinannya, bahkan bisa dilakukan kapan saja," tambahnya.

Hal senada disampaikan Renny Restiawaty asal Desa Gumeno Manyar yang bergelut dengan usaha makanan minuman (mamin). 

Menurutnya, perizinan yang mudah ini membuat para pelaku UMKM di Gresik lebih bersemangat, bahkan ia siap menjadi instruktur bagi pengusaha lain yang belum tahu pengurusan izin usaha memakai gawai.

“Kami siap menjadi instruktur bagi pengusaha UMKM yang lain disekitar kami. Untuk saat ini meski di rumah, saya sudah bisa mengoperasikan aplikasi ini sampai mendapatkan izin," tambahnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Mulyanto menambahkan program ini diluncurkan untuk melindungi para pelaku UMKM di Gresik. 

Dari program ini, pihaknya berharap, ke depan akan semakin banyak UMKM yang punya bermacam izin usaha sesuai bidang usaha yang digelutinya. “Dengan perizinan ini mereka akan semakin dapat memajukan usahanya dengan berbagai fasilitas terutama permodalan, mari kita manfaatkan bersama-sama terlebih untuk UMKM di Gresik," harap dia. (*)

Source : timesindonesia.co.id


INFORMATION