PEMBANGUNAN KAWASAN SUPERBLOK MENGGELIAT


Gresik – Pembangunan kawasan superblok di Gresik cukup cepat.Rencananya, akan berdiri kawasan Superblok di kawasan Bunder dan Kebomas. Kawasan itu terdiri dari Mall, Apartemen, Hotel dan Perumahan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Mulyanto mengungkapkan, Kawasan Superblok rencananya berdiri di atas lahan tiga hektar lebih itu akan dibangun Apartemen, Perumahan, bahkan Hotel bintang lima. “Ada beberapa izin yang sudah dikantongi oleh pemohon sedang mengebut untuk menyelesaikan IMB”ujarnya.

Dijelaskan, pada kuartal III/2018 ini trend bisnis property memang mengalami pertumbuhan signifikan. Jumlah pemohon izin Proyek hunian baru bertambah. Selain dua kawasan itu superblock baru juga akan berdiri di dekat terminal Bunder.Saat ini sudah lima hotel baru yang sedang menyelesaikan proses perizinanya.

“Sepanjang Januari hingga Oktober ada sekitar 87 pemohon izin untuk proyek perumahan. Jumlah ini naik dari pada periode sebelumnya dengan 63 pemohon”katanya. Selain Infrastruktur,pendukung lain yang mendorong masuknya investasi ke Gresik adalah kemudahan dalam penerbitan izin secara online. DPM-PTSP Gresuj telah menerbitkan ribuan sertifikat Perizinan secara Online.

Perizinan online tersebut meliputi, Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Izin Operasional Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Surat Izin Usaha perdagangan (SIUP) tanda Daftar Industri (TDI) , Tanda daftar Perusahaan (TDP).

“Pemkab komitmen mempermudah perizinan,terutama TDP dan Siup yang pengurusanya 100% Online”tegas Mulyanto”.Kepala Badan Koordinasi penanaman Modal (BKPM) Jatim, Lili Sholeh mencatat Kabupaten Gresik Merupakan daerah dengan arus Investasi peringkat pertama,terutama Investasi Penanaman Modal Asing (PMA) .

“Arus Investasi di kabupaten Gresik cukup tinggi. Gresik hingga kini menduduki peringkat pertama investasi Penanaman Modal Asing (PMA)”kata Lili”. Selama tahun 2017 jumlah proyek mencapai 240 kegiatan senilai 471 juta dollar AS. Investasi Penanaman Modal Dalam Negri (PM-DN) sebanyak 442 proyek dengan nilai Rp.9,1 Triliun

 

Source : Radar Surabaya


INFORMATION